DESSERT : "GENOTYPE KLASIK"  

21 Apr 2008

Berawal dari perkembangan budaya Urban, sebenarnya merupakan sebuah Genotype dari sebuah perjalanan kebudayaan yang dipengaruhi oleh budaya klasik itu sendiri. Melihat kiblatnya dari perkembangan budaya-budaya di Eropa, bahwa budaya Urban terlahir karena adanya budaya Klasik di Eropa yang dipengaruhi oleh budaya Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Dua kebudayaan inilah yang menjadi tonggak dasar terlahirnya sebuah budaya Urban.

Melihat dari kecenderungan perilaku masyarakat Urban yang individualistis. Terlihat dari menghilangnya sebuah ruang publik yang diperlukan untuk berkreasi dan melakukan pertunjukkan. Seolah memang terjadi karena adanya sebuah Genotype. Apa yang sebenarnya terjadi ?

Jika kita dapat kembali ke masa sebelum Masehi. Kecenderungan budaya Urban, terlihat seperti bayangan Yunani Kuno dan Romawi Kuno yang terlahir kembali. Dimana masyarakatnya memiliki kecenderungan sifat yang sama dengan masyarakat yang hidup di jaman Urban. Sebenarnya, apa yang berubah ? Memang tidak dapat kita sangka lagi, bahwa segala disiplin seni yang ada sampai sekarang ini, berawal dari Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Jadi apa yang berubah ?.

Terkadang kita hanya selalu melihat dari satu sisi saja. Namun jika dilihat, dari satu sisi yang lain pasti memiliki perbedaan. Pada intinya, sebuah jaman itu tidaklah berubah. Melainkan budaya yang telah mengembangkan sebuah jaman itu sendiri. Apakah semua yang ada di dunia ini merupakan sebuah Genotype ?

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster