BEEF STEAK : "ARISTOTELES (384 - 322 SM)"  

21 Apr 2008

Aristoteles lahir pada 384 SM di Stagyra, pantai timur laut Thrakia, Yunani Utara. Ayahnya adalah seorang fisikawan yang bekerja pada Amyntas II, raja Makedonia. Pada umur 18 tahun, ia dikirim ke Athena untuk belajar di Akademia Plato. Ia belajar di sekolah ini selama 18 tahun, sampai kematian Plato pada tahun 374 SM.

Karena kecewa terhadap pendidikan di Akademia, Aristoteles meninggalkan Athena dan menghabiskan beberapa tahun berikutnya di Assos, sebuah kota kecil dimana temannya, Hermias menjadi raja disana. Ia diangkat menjadi penasihat Hermias dan akhirnya menikahi Pythias, keponakan sekaligus anak angkatnya. Pada masa ini, Aristoteles bekerja sama dengan murid-murid senior di Akademia dan menghasilkan beberapa tulisan awalnya. Namun, setelah Hermias ditangkap dan dihukum oleh Persia pada 345 SM, ia pergi ke Pella, ibukota Makedonia.

Pada 342 SM, ia diundang oleh Raja Philip dari Makedonia untuk menjadi guru pribadi anaknya, yakni Iskandar Agung Muda. Ia menerima undangan tersebut dan selama tiga tahun ia mencurahkan seluruh usahanya untuk mendidik dan melatih pangeran Iskandar Muda. Pada 335 SM, ketika raja Philip dibunuh dan setelah Iskandar Muda naik tahta, Aristoteles kembali ke Athena untuk mendirikan sekolah sendiri, Lykaion, yang juga disebut sekolah Peripatetik, yang sebenarnya adalah pusat penelitian ilmiah.

Pada 323 SM, sesudah kematian Iskandar Agung, ia harus melarikan diri dari Athena karena dituduh menyebarkan Atheisme. Akhirnya ia pergi ke kota Kalas, dan menetap disana sampai meninggal pada 322 SM.

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster