Dunia Pria : Pria Awet Muda , Bisakah ?  

14 Mei 2008

Dunia Pria : Pria Awet Muda , Bisakah ?

Berpenampilan lebih muda dari usia 40 tahunan ? Menurut ahli gizi para atlet olimpiade , hal itu bukan sesuatu yang mustahil , asalkan makanan Anda tepat dan olahraga Anda juga tepat .
Kaum pria umumnya tidaklah segelisah wanita dengan penampilan mereka . Tapi Anda perlu tahu juga cara menurunkan berat badan dan membesarkan otot di bagian-bagian tertentu .

Dokter Brett Hall, ahli gizi yang bekerja untuk atlet olimpiade Amerika Serikat mengatakan , " Anda harus menjadi lebih pandai , lebih cepat bekerja , dan tahu cara menyeimbangkan saat-saat bekerja dengan saat-saat beristirahat ".

Hall menganjurkan hal-hal berikut :

Latihan beban . Lakukanlah erobik dengan barbel secara teratur . Ketika menggunakan barbel , bentuklah satu bagian dari tubuh pada tiap sesi ( bukan sekaligus pada satu kesempatan ). Kalau tubuh termasuk kurus , gunakan barbel yang lebih ringan dengan pengulangan yang lebih banyak . Lebih baik lakukan empat set dengan barbel yang lebih ringan daripada tiga set dengan barbel yang lebih berat .

Cara ideal menyehatkan tubuh adalah dengan circuit training, yaitu membuang tubuh ke depan dan ke belakang di antara latihan cardiovascular dan latihan beban . Latihan cardiovascular adalah olaharaga yang bertujuan menguatkan jantung . Bentuknya bisa jogging, mengayuh sepeda , renang , atau skipping ( lompat dengan tali ).

Kenali makanan Anda . Bagi mereka yang fanatik menjauhi protein tinggi dan mengonsumsi hanya makanan rendah karbohidrat , Dokter Hall mengingatkan bahwa tubuh membutuhkan karbohidrat untuk memberi kekuatan dan untuk menjadi cepat sembuh bila sedang sakit .

Lebih baik bila Anda menggabungkan beberapa bahan makanan bergizi daripada menghindari jenis-jenis makanan tertentu . Tirulah wanita yang umumnya suka makan sepanjang hari . Hal itu ada benarnya . Lima porsi kecil lebih baik daripada tiga porsi besar .

Kata Dokter Hall, "Kita perlu mengirim pesan kepada tubuh bahwa kita sudah cukup banyak makan dan tidak butuh cadangan apa-apa lagi . Itulah yang Anda lakukan bila Anda menyantap lima porsi kecil itu ". Menghindari makanan berkadar gula tinggi -yang merangsang terjadinya penyimpanan lemak , meningkatkan insulin dan gula darah , serta mengurangi keindahan penampilan - tidaklah berarti Anda harus menjauhi sama sekali makanan-makanan itu . Kombinasikan saja dengan protein.

Menu ideal . Cobalah membuat protein shake berupa sebuah pisang dan selai kacang untuk sarapan . Makanan ini mengandung 20 gram protein dan karbohidrat . Untuk cemilan di siang hari , Hall menyarankan semangkuk keju lembut dengan seperempat cangkir jus nanas. Makanlah setengah roti isi (sandwich) ayam bakar dengan salad untuk makan siang .

Buah segar dengan selembar keju mozzarella adalah cemilan yang baik untuk sore hari . Jangan lupa minum banyak air dengan potongan protein. Kandungan 20 gram protein dan 20 gram karbohidrat adalah yang paling baik , dan mudah dicerna tubuh .

Untuk makan malam , santaplah sisa setengah dari sandwich tadi dengan sayuran yang direbus . Aneh menunya ? Tapi coba dulu .

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster