XL cabut iklan " kawin dengan monyet"nya  

21 Apr 2008

Jakarta (ANTARA News) - PT Excelcomindo Pratama akhirnya mencabut iklan selulernya — yang memasukkan unsur komedi pernikahan seorang lelaki dengan kambing dan monyet — dari penayangan di seluruh stasiun televisi di Indonesia.

“Kami telah mencabut iklan efektif sejak Senin minggu lalu (7/4). Kita cabut iklan itu dari seluruh stasiun TV di seluruh Indonesia,” kata Head of Regulatory XL Nies Purwati usai pertemuan para operator dengan Dirjen Postel Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar di Jakarta, Rabu.

Nies mengatakan iklan tersebut dicabut setelah banyak pihak termasuk Dirjen Postel, BRTI (Badan Regulasti Telekomunikasi Indonesia) mengkritik dan meminta agar iklan tersebut dicabut.

“Kita sudah merencanakan untuk menarik iklan itu, sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu,” ujar Nies.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam rapat plenonya memutuskan untuk menghentikan tayangan iklan operator seluler XL dan iklan layanan supranatural Ki Joko Bodo dan meminta stasiun TV untuk mematuhinya.

“KPI Pusat meminta seluruh stasiun TV untuk menghentikan tayangan iklan layanan supranatural Ki Joko Bodo dan iklan operator seluler XL yang menggambarkan adanya pernikahan manusia dengan binatang,” kata Ketua KPI Pusat Sasa Djuarsa Sendjaja di Jakarta, Kamis (10/4).

KPI menilai iklan XL memperolokkan dan merendahkan martabat manusia.

“BRTI menilai iklan operator telekomunikasi kebablasan,” kata anggota BRTI Heru Sutadi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (9/4)

Heru mengatakan, iklan layanan telekomunikasi yang ditawarkan penyelenggara telekomunikasi di media cetak, elektronik dan media luar ruang dinilai tidak memberikan informasi yang lengkap sehingga terjadi misinterpretasi di kalangan konsumen, melampaui batas etika dan tidak memberikan nilai pendidikan bagi masyarakat.

Iklan operator telekomunikasi juga dan yang melanggar UU No.8/1999 pasal 17f pelaku usaha periklanan dilarang memproduksi iklan yang melanggar etika dan atau ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai periklanan.(*)

AddThis Social Bookmark Button

Design by Amanda @ Blogger Buster